PENERAPAN METODE GALLERY WALK DAN PENGARUHNYA TERHADAP AKTIFITAS BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA

PENERAPAN METODE GALLERY WALK DAN PENGARUHNYA TERHADAP AKTIFITAS BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA

  • laili ramadani S.PdI M.A

Abstract

Pembelajaran berkualitas adalah pembelajaran yang selalu meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran berkualitas bukanlah pembelajaran yang terpusat kepada guru semata sedangkan siswa hanya duduk diam dengan tenang mendengarkan penjelasan guru. Pembelajaran berkualitas adalah pembelajaran yang menggunakan beraneka ragam metode yang membangkitkan keaktifan siswa dalam belajar. Oleh karena itu, guru dituntut untuk kreatif menggunakan beraneka ragam metode active learning dalam pembelajaran. Begitu juga dengan pembelajaran Akidah Akhlak, guruAkidah Akhlak harus mampu menggunakan metode yang beraneka ragam. Namun, pada kenyataannya banyak guru Akidah Akhlak yang masih menggunakan metode-metode konvensional dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan guru tentang metode-metode active learning dan bagaimana cara menerapkannya di dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Banyak metode active learning yang bisa digunakan guru dalam pembelajaran, salah satunya metode Gallery Walk yang bisa digunakan hampir di seluruh materi pelajaran Akidah Akhlak. Pada tulisan ini, penulis akan menjelaskan tentang metode Gallery Walk, bagaimana cara menerapkannya dalam pembelajaran Akidah Akhlak, dan bagaimana kaitannya dengan peningkatan aktivitas belajar siswa.

Published
2018-10-04