ANALISIS KELAYAKAN PEMBIAYAAN DENGAN AKAD MURABAHAH DI BPRS HAJI MISKIN PANDAI SIKEK DALAM MENDORONG PETUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT KECIL.

ANALISIS KELAYAKAN PEMBIAYAAN DENGAN AKAD MURABAHAH DI BPRS HAJI MISKIN PANDAI SIKEK DALAM MENDORONG PETUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT KECIL.

  • Awaluddin SHI M.A

Abstract

 

Bank syariah berfungsi sebagai suatu lembaga intermediasi yaitu menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan dana kepada masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk pembiayaan. Di dalam dunia usaha, baik di bidang industry, perdagangan, pengangkutan maupun bidang usaha lainya tidak akan terlepas dari kebutuhan akan dana. Setiap bank pasti ada risiko yang dihadapinya, termasuk pemberian pembiayaan kepada nasabah yang membutuhkan untuk menambah modal usaha. Model penerapan dan pengendalian resiko pembiayaan yang digunakan oleh Bank Pembiayaan syariah haji miskin dengan akad murabahah adalah dengan melakukan analisa kepada calon nasabah dengan tujuan untuk mengurangi kredit macat pada pembiayaan yang dialurkan. Diantara analisa pembiayaan yang digunakan oleh pihak BPRS Haji Miskin padai Sikek adalah analisi 5 C yaitu: a). character yaitu phak BPRS melihat 2atak dan prilaku calon nasabah melalui pembiayaan yang telah dilaksanakan di tempet lain dengan cara melihat BI ceking. b). Capacity yaitu melihat kemampuan nasabah dalam mengembalikan pembiayaan yang telah doberikan dengan berpatokan kepada watak dan pendapatan nasabah. c). Capital yatu melihat modal yang dimiliki oleh nasabah sebagai bagian dari pembiayaan yang disalurkan. Dalam hal ini pihak BPRS tidak meyalurkan pembiayaan 100% kepada nasabah. c). Condition yaitu melihat kondisi yang mempengaruhi kelayakan usaha nasabah, dan juga keterampilan nasabah dalam menjalankan usaha yang akan dibiayai.d). Colleteral yaitu malihat barang yang dijadikan jaminan dari pembiayaan yang diterima oleh nasabah.

Published
2018-10-04