STUDI TENTANG PERUBAHAN KURIKULUM DI MADRASAH TARBIYAH ISLAMIYAH CANDUNG KABUPATEN AGAM

STUDI TENTANG PERUBAHAN KURIKULUM DI MADRASAH TARBIYAH ISLAMIYAH CANDUNG KABUPATEN AGAM

  • Dr. Nelly Izmi M.Pd

Abstract

Tonggak sejarah pendidikan di Indonesia memberikan gambaran bahwa usaha perubahan dan perbaikan kurikulum telah dilakukan sejak 1945 sampai Orde Baru.  Kebanyakan usaha perbaikan itu dilatar belakangi oleh perubahan sistem politik dan berubahnya kebijaksanaan bidang pendidikan. Pelaksanaan perbaikan dilakukan secara nasional dengan  melibatkan para administrator, para ahli, konsultan dan sejumlah guru yang dinilai sudah memiliki pengalaman luas.  Pada prinsipnya, Indonesia masih banyak menggunakan pendekatan direktif pada tingkat pusat kendati juga menggunakan personil dari daerah.  Namun dengan adanya kemampuan guru, administrator dan kesadaran masyarakat yang cukup tinggi terhadap dunia pendidikan, memungkinkan pengembangan kurikulum secara lokal setahap demi setahap

Published
2018-10-04