PRODI PIAUD

1. SK ijin operasional PS
•    SK dan sertifikat akreditasi PS sebelumnya

1.1 Dokumen renstra dan renop PS
•    SK tim akreditasi/taskforce
•    Dokumen mekanisme penyusunan visi keilmuan dan tujuan PS (daftar hadir, notulen rapat, keterlibatan para pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat)
•    Dokumen penyusunan visi keilmuan dan keselarasan dengan visi kelembagaan UPPS dan PT.
•    Instrumen, pelaksanaan dan hasil survei visi keilmuan dan tujuan PS
•    Dokumen strategi pencapaian visi keilmuan dan tujuan PS.
•    SK penetapan visi keilmuan PS

2.1 Dokumen mekanisme pemilihan pimpinan PS dan UPPS
•    Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan.
•    Dokumen sistem tata pamong
•    Dokumen struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab (job description)
•    Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan
•    Dokumen renstra dan renop PS
•    Dokumen SOP

2.3 Dokumen tentang jaminan mutu, struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab, dan dokumen mutu.
•    Dokumen thasil audit mutu internal
•    Dokumen monev hasil penjaminan mutu
•    Dokumen bukti tindak lanjut temuan
•    Dokumen terlaksananya siklus PPEPP dan pelaksanaan penjaminan mutu.

3.1 Dokumen sistem penerimaan/seleksi mahasiswa baru meliputi:
     1.    Kebijakan penerimaan mahasiswa baru
     2.    Kriteria penerimaan mahasiswa baru
     3.    Instrumen penerimaam mahasiswa baru
     4.    Sistem pengambilan keputusan
•    Dokumen upaya peningkatan animo calon mahasiswa dalam negeri dan luar negeri.
•    Dokumen data mahasiswa reguler 5 tahun terakhir
•    Daftar lulusan dalam 5 tahun terakhir termasuk IPK lulusan.
•    Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penerimaan mahasiswa baru.


3.2 Dokumen data program layanan dan pembinaan mahasiswa.
•    Dokumen laporan pelayanan kepada mahasiswa, antara lain: Minat dan bakat, Bimbingan konseling,  Pembinaan softskill, Keprofesian, Beasiswa,  Kesehatan
•    Dokumen kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.
•    Laporan pelaksanaan kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan.
•    Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan program layanan dan pembinaan mahasiswa.

4.1 dan 4.2 Pedoman tertulis tentang rekrutmen, penempatan, pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan.
•    Dokumen sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan.
•    Dokumen hasil monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan.
•    Dokumen pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.
•    Data dosen homebase, DTPS dan tenaga kependidikan.
•    Dokumen sertifikat pendidikan, ijazah pendidikan terakhir, dan jabatan fungsional dosen dan tenaga kependidikan.
•    Data beban kerja dosen tetap pada tahun akademik terakhir (TS).
•    Data kegiatan mengajar dosen tetap pada semester gasal dan genap pada TS.
•    Data jumlah bimbingan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi dosen dalam 3 tahun terakhir.
•    Data prestasi/rekognisi DTPS baik ditingkat intenasional, nasional dan lokal dalam 3 tahun terakhir.
•    Dokumen bukti prestasi/rekognisi DTPS
•    Data prestasi dan dokumen bukti prestasi tenaga kependidikan dalam 3 tahun terakhir.
•    Data pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.
•    Dokumen bukti pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.

5.1 Dokumen bukti keterlibatan PS dalam perencanaan anggaran dan pengelolaan dana.
•    Data penggunaan dana pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masayarakat, publikasi, prasarana dan sarana pendidikan dalam 3 tahun terakhir.
•    Data rincian dana penelitian dalam 3 tahun terakhir
•    Data rincian dana pengabdian kepada masyarakat (PkM) dalam 3 tahun terakhir.
•    Dokumen pengelolaan dana
•    Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan dana dan administrasi umum.

5.2 Daftar inventaris prasarana dan sarana pembelajaran baik di PS, UPPS dan PT.
•    Dokumen kondisi dan kualias prasarana dan sarana
•    Dokumen bukti penggunaan prasarana dan sarana
•    Dokumen bukti aksesibilitas prasarana dan sarana dalam kegiatan perkuliahan, pembimbingan, ujian, seminar, lokakarya dan lain-lain.
•    Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan prasarana dan sarana.

6.1 Dokumen kebijakan pengembangan kurikulum
•    Dokumen analis dan evaluasi pemutahiran kurikulum
•    Bukti keterlibatan berbagai pihak (dosen, mahasiswa, alumni, stakeholder, asosiasi, kesepakatan prodi sejenis) dalam pengembangan kurikulum PS.
•    Dokumen kurikulum (profil lulusan, CPL, bidang kajian, daftar mata kuliah, dan perangkat pembelajaran)
•    RPS mata kuliah
•    Contoh soal ujian dalam satu tahun terakhir untuk lima mata kuliah keahlian berikut RPS.
•    Dokumen bukti dukungan UPPS dalam pengembangan kurikulum PS
•    Dokumen bukti kurikulum mendukung kebijakan MBKM
•    Dokumen evaluasi peningkatan kualitas kurikulum PS.
•    Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan kurikulum PS.

6.2 Dokumen pelaksanaan tridarma
•    Dokumen tentang kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan
•    Dokumen sistem pengembangan suasana akademik
•    Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pembalajaran.
•    Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian dan PkM.

6.2.2 Data hasil penelitian dan PkM yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran.
•    Dokumen bukti integrasi

6.2.3 Dokumen mekanisme monitoring perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa)
•    Data dan bukti hasil monitoring
•    Dokumen tindak lanjut hasil monitoring perkuliahan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.

6.3 Dokumen panduan penilaian pembelajaran
•    Dokumen pelaksanaan penilaian pembelajaran sesuai yang ditetapkan dalam kurikulum.
•    Dokumen sistem informasi dalam proses penilaian pembelajaran.

6.4 Dokumen tertulis terkait pembelajaran mikro dan teknis pelaksanaannya.
•    Bukti ketersediaan dan kelayakan prasarna dan sarana dalam pembelajaran mikro.
•    Instrumen penilaian pembelajaran mikro
•    Dokumen bukti pelaksanaan pembelajaran mikro
•    Data rekaman pembelajaran mikro

6.5.2.1 Dokumen bukti pembimbingan akademik, topik bimbingan, jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan
•    Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan akademik.

6.5.2.3 Dokumen bukti pembimbingan magang kependidikan, topik bimbingan, jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan.

6.5.2.5 Dokumen panduan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi
•    Dokumen bukti pembimbingan tugas akhir/skripsi, tesis dan disertasi.
•    Data jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan dalam 3 tahun terakhir di semua PS.
•    Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi.

6.6.2.1 Dokumen kegiatan akademik diluar perkuliahan yang dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS.
•   Dokumen laporan pelaksanaan kegiatan

6.6.2.2 Dokumen kegiatan dosen tamu dan tenaga ahli yang dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS.

6.7 Instrumen survei kepuasan mahasiswa dalam kinerja mengajar, layanan administrasi akademik, dan prasarana dan sarana.
•    Dokumen pelaksanaan survei kepuasan mahasiswa
•    Hasil survei kepuasan mahasiswa
•    Dokumen tidak lanjut pengukuran kepuasan mahasiswa

7.1 Dokumen pedoman penelitian
•    Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian

7.2.1 Hasil penelitian (rekapitulasi judul dan dokumen laporan penelitian) yang tertulis dalam LED.

7.2.2 Data penelitian yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir.
•    Dokumen bukti keterlibatan mahasiswa disertai deskripsi kegiatan dalam penelitian.

8.1 Dokumen pedoman pengabdian kepada masyarakat
•    Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pengabdian kepada masyarakat.

8.2.1 Hasil pengabdian kepada masyarakat (rekapitulasi judul dan dokumen laporan PkM) yang tertulis dalam LED.

8.2.2 Data PkM yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir
•    Dokumen bukti keterlibatan mahasiswa disertai deskripsi kegiatan dalam PkM.

9.1.2.1 Data lulusan dalam 3 tahun terakhir
•    IPK lulusan (minimum, maksimum, dan rata-rata)

9.1.2.2 Data prestasi (juara 1, juara 2, juaran 3, harapan 1) mahasiswa dalam 3 tahun terakhir
•    Dokumen bukti prestasi mahasiswa

9.1.2.3 Data mahasiswa yang diterima dan lulus sesuai yang tertulis pada LED.
•    Dokumen bukti kelulusan dan keberhasilan studi
•    Dokumen sistem informasi terkait kelulusan tepat waktu dan keberhasilan studi.

9.1.2.4 Dokumen tertulis pelacakan lulusan
•    Instrumen pelacakan lulusan
•    Data lulusan dan lulusan yang terlacak sesuai yang tertulis pada LED.
•    Dokumen bukti pelacakan lulusan dan hasilnya.
•    Dokumen sistem informasi dalam kegiatan pelacakan lulusan.

9.1.2.5 Data hasil pelacakan lulusan berdasarkan tingkat relevansi pekerjaan sesuai yang tertulis pada LED.

9.1.2.6 Instrumen survei kepuasan pengguna lulusan
•    Dokumen pelaksanaan dan hasil survei tingkat kepuasan pengguna lulusan.
•    Dokumen tindak lanjut yang dilakukan UPPS/PS sesuai jenis kemampuan dan tingkat kepuasan pengguna.
•    Dokumen sistem informasi dalam survei tingkat kepuasan pengguna lulusan.

9.2.2.1 Artikel ilmiah (rekapitulasi judul dan dokumen artikel/tautan) yang jumlahnya tertulis dalam LED.

9.2.2.2 Dokumen sitasi publikasi ilmiah

9.2.2.3 Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang diadopsi masyarakat.
•    Dokumen bukti adopsi

9.2.2.4 Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang ber-HKI atau Paten.
•    Dokumen bukti adopsi yang sah (dikeluarkan oleh Meneri Hukum dan HAM atau pihak lain yang berwenang)

Dokumentasi Video/Live
•    Fasilitas laboratorium, ruang kelas, perpustakaan, pengelola sistem informasi, ruang dosen, ruang tenaga kependidikan, fasilitas umum, dan fasilias pendukung lainnya.