Mahasiswa Institut Agama Islam Sumatera Barat (IAI Sumbar) Pariaman mengadakan kunjungan kuliah lapangan ke STIT Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah  Padang Panjang, Sabtu (20/08/22). Kegiatan ini berlangsung di Ruang Hijau STIT Diniyyah Puteri. Kedatangan 30 orang mahasiswa yang didampingi oleh 3 dosen IAI Sumbar, disambut oleh ketua STIT Diniyyah Puteri, Syarifatul Hayati, Lc, MA, serta para dosen, karyawan, dan mahasiswi.
    Syarifatul Hayati, Lc, MA mengatakan sangat senang dan bahagia para dosen dan mahasiswa IAI Sumbar bisa berkunjung. InsyaAllah akan ada kunjungan balasan dari mahasiswi STIT Diniyyah Puteri. Semoga nantinya bisa diterima dengan baik. Sebab, di MOU ada kerjasama dalam Tridarma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah pendidikan dan pengajaran.
    Sementara itu, Wakil Rektor IAI Sumbar, Andrianto, menjelaskan sangat senang karena disambut hangat oleh keluarga besar STIT Diniyyah Puteri. Belia mengatakan bahwa tujuan  kunjungan tersebut untuk pembelajaran mahasiswa khususnya mata kuliah Sejarah Pendidikan Islam.
“Mahasiswa langsung terjun ke tempat sejarah pendidikan. Salah satunya ke Diniyyah Puteri untuk mencari tahu sejarah tentang Bunda Rahmah El Yunusiyyah sebagai seorang wanita yang bisa memotivasi mahasiswa dalam reformasi pendidikan. Semoga dunia pendidikan Islam bisa lebih maju dari ilmu-ilmu yang lainnya,” katanya
    Salah seorang mahasiswa IAI Sumbar, Winda Safitri, mengatakan, “Saya sangat senang karena di sini kami disambut dengan baik sekali. Acaranya sangat luar biasa dan kami terharu mendengar sejarah yang dipaparkan oleh Bu Tika tentang Bunda Rahmah sebagai wanita yang berjasa dalam pendidikan dan mendirikan lembaga pendidikan. Semoga dengan melakukan kuliah ini kami lebih memahami bagaimana perjuangan beliau dan bisa memotivasi wanita Minangkabau khususnya supaya bisa bersemangat menimba ilmu dan berkarir menjadi lebih baik ke depannya.” (Alya Rahman BR Panjaitan dan Cut Harfida Yanti/Mahasiswi STIT Diniyyah Puteri)