Lahir pada tanggal 1 November 1923, Perguruan Diniyyah Puteri telah berumur 99 tahun dengan harapan menjadi tempat khusus perempuan menuntut ilmu dan mendidik para perempuan menjadi muslimah sejati.
    Digawangi oleh Rahmah El Yunusiyyah, berawal dari sebuah beranda Masjid Asliyah Pasar Usang hingga hampir satu abad Diniyyah Puteri terus mendidik generasi dan membangun negeri. Mengusung motto “Menaklukkan Dunia Meraih Surga”, Diniyyah Puteri terus bertransformasi meningkatkan kualitas pendidikan muslimah. Melalui gagasan kurikulum Qur’an Sunnah Qalbu Brain Attitude (QUBA), dan berbagai divisi otonom yang terus membantu kualitas santri agar siap menjadi pemimpin muslimah di masa depan.
    “Didirikan oleh Rahmah El Yunusiyyah pada usia 23 tahun tentu bukan perkara yang mudah mengingat pada masa itu penjajahan terhadap bangsa ini sedang berlangsung tapi Diniyyah Puteri mampu membuktikan bahwa ia masih bisa eksis sampai sekarang. Diniyyah Puteri berdiri untuk kepentingan bangsa negara,” ujar Guspardi Gaus, Anggota DPR RI saat menghadiri resepsi eksternal milad 99 tahun Diniyyah Puteri, Sabtu 05/11/2022, di Aula Zainuddin Labay El Yunusy yang bertema “Menggaungkan 99 Asma Allah dalam 99 Tahun Pengabdian”.
    Lebih lanjut Guspardi Gaus mengungkapkan bahwasanya 10 saudara perempuannya bersekolah di Diniyyah Puteri. Istri dan dua anak perempuannya juga menuntut ilmu di Diniyyah Puteri. Bekal ilmu yang didapatkan dari Diniyyah Puterilah yang membuat istri beliau mampu mengelola puluhan cabang Citra Swalayan yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Puterinya yang merupakan alumni Diniyyah Puteri sekarang merupakan istri dari Bupati Sijunjung.
    Sementara itu, Mahyeldi. SP, Gubernur Sumatera Barat mengungkapkan syukurnya di usia yang ke-99 tahun ini didikan Diniyyah Puteri telah dapat dirasakan bersama. Kedepannya ia mengharapkan Diniyyah Puteri dapat konsisten dengan jati dirinya karena mendidik perempuan sama halnya Diniyyah Puteri telah mendidik tiang-tiang bangsa. Semoga Diniyyah Puteri selalu konsisten melahirkan pemimpin-pemimpin baru.
Acara ini turut dihadiri oleh Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, BBA, Kakanwil Kementrian Agama Sumatra Barat, Ketua Yayasan Rahmah El Yunusiyyah, Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri, majelis guru, karyawan, alumni, mahasiswi, dan santri. (Tasya Sabila/Diniyyah Reporter News)